Pendidikan

FAGI Harap Mendikbud Baru Bisa Memerdekakan Guru

Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI), Iwan Hermawan mengharapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayan (Mendikbud) baru yakni Nadiem Makarim bisa memerdekakan para guru.

“Kami para guru selama ini belum merasa merdeka. Apapun yang dilakukan penguasa, harus dituruti oleh para guru. Kalau tidak dituruti, bisa kena sanksi langsung oleh penguasa,” ucap Iwan saat On Air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Senin (25/11/2019).

Ia mencontohkan, tak sedikit guru harus menerima penangguhan kenaikan jabatan karena berbicara perihal kebocoran soal Ujian Nasional.

Contoh kasus lainnya, lanjut Iwan, seorang guru akan terancam dimutasikan apabila tak sepakat atau memprotes kebijakan sekolah yang dianggap tak sesuai dengan nilai-nilai pendidikan.

“Ini sangat kami rasakan, pemerintah pusat maupun daerah represif sekali memberikan sanksi terhadap guru. Dengan kondisi seperti ini, maka wajar Nadiem Makarim ditugaskan sebagai Menteri Pendidikan. Karena selama ini guru-guru belum merasa ada perubahan,” pungkas Iwan.

Baca  Gubernur Jabar Ridwan Kamil Harap Santri Jadi Ahli Alquran dan Teknologi
Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close